Menu Click to open Menus
Home » Tips & Trik » Strategi Belajar Tanpa Boros Kuota

Strategi Belajar Tanpa Boros Kuota

(180 Views) July 28, 2020 10:37 am | Published by | No comment
belajar,kuota,kuota internet, covid-19,belajar daring

Di masa Pandemi COVID-19 ini keberadaan internet menjadi kebutuhan yang sangat penting untuk membantu aktivitas manusia dalam bekerja dan belajar. Namun, penggunaan internet yang salah menyebabkan kebutuhan kuota internet Anda boros dan pengeluaran jadi lebih banyak.

Nah bagi anda para pelajar dan mahasiswa, tentunya harus mengetahui strategi belajar tanpa boros kuotainternet.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa keberadaan pandemi COVID-19 membuat aktivitas pembelajaran di kuliah dan sekolah dilakukan tanpa tatap muka secara langsung dan digantikan dengan belajar mode daring

Meskipun hal tersebut dapat menghemat uang jajan, namun tak sedikit yang boros kuota internet.

Dikutip dari Jabar Ekpres Warga Subang Dini Setiawati (36) mengungkapkan, kebutuhan anaknya yang saat ini baru memasuki Kelas 5 Sekolah Dasar (SD), hanya dalam seminggu harus menghabiskan kuota hingga 20 GB. Belum lagi ada lagi pengeluaran lainnya. “Satu minggu rata-rata 20 GB habis, harganya Rp. 45.000 sampai Rp. 60.000. Kalau sebulan sudah berapa, boros kuota banget kan?” ungkap Dini saat ditemui Pasundan Ekspres, Rabu (22/7).

Dini berharap, Pemda Subang segera memastikan untuk keberlangsungan sekolah secara normal kembali. Terlebih menurutnya, Subang saat ini sudah termasuk dalam zona dengan resiko rendah untuk penyebaran Covid-19. “Saya harap segera ada kepastian saja. Kasihan sama anak-anak juga kan, kalau terlalu lama libur,” ungkapnya.

Selain itu, tak sedikit pula orang tua yang mengeluh untuk memenuhi kebutuhan internet pada anak. Meskipun harga kuota internet masih sama, namun di masa ini rasanya sangat sulit untuk membeli paket kuota, terlebih bila peraturan pembelajaran dari rumah terus diperpanjang.

Namun anda tidak perlu khawatir, berikut ini merupakan 7 strategi belajar tanpa boros kuota internet, diantaranya yaitu,

1. Fitur Maps Diubah menjadi Mode Offline

Cara menghemat kuota internet yang bisa dilakukan yaitu dengan mengubah fitur maps menjadi mode offline. Jika Anda berada di tengah perjalanan dan membutuhkan peta sebagai petunjuk jalan maka maps bisa diaktifkan untuk memberikan arah. Namun, jika anda tidak sedang dalam perjalanan sebaiknya dimatikan saja.

Karena secara tidak sadar fitur maps membuat kuota internet cepat terkuras. Terlebih jika Anda juga memakai pelayanan turn-by-turn direction, built-in navigation, dan melihat traffic real time.

Bagi pengguna Android, cara untuk mengubah fitur maps ke mode offline yaitu dengan mengklik search bar dan menggeser hingga menemukan pilihan save map to use offline. Sedangkan bagi pengguna iOS yaitu dengan merubahnya ke flight mode. Dengan begitu, kuota internet lebih irit dan tidak mengganggu pembelajaran

Mari bergabung bersama komunitas sales properti dengan puluhan ribu member lainnya, kami percaya dengan komunitas & teknologi maka jual properti akan jauh lebih mudah, bergabunglah sekarang! >>>KLIK DISINI <<<

2. Batasi Background Apps

Ada beberapa aplikasi yang menyedot kuota internet secara otomatis meskipun aplikasi tersebut serta ponsel tidak sedang digunakan. Contohnya yaitu pembaharuan di Smartphone yang sering ditampilkan oleh aplikasi latar belakang layar.

Tujuan pembaharuan tersebut sebenarnya memudahkan Anda untuk selalu update pada saat melakukan aktivitas multitasking. Namun tentunya tidak perlu setiap waktu untuk diingatkan, karena selain mengganggu juga memboroskan kuota internet.

Cara membatasi background apps yaitu dengan membatasi penggunaan aplikasi tersebut. Anda hanya perlu masuk ke fitur setelan “Setelan > Penggunaan Data”, setelah itu Anda bisa memonitor aplikasi yang sudah gunakan dan seberapa banyak kuota yang dibutuhkan.

3. Batasi Pemakaian Data serta Aktifkan Peringatan

Salah satu kendala belajar daringyaitu boros kuota, untuk mengatasinya Anda tidak perlu menghidupkan koneksi internet apabila Anda tidak menggunakannya, misalnya saat sedang tidur, masak, dan aktivitas lainnya yang tidak memerlukan internet. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan wifi apabila berada di tempat yang mempunya wi-fi.

Batasi pemakaian data dengan cara mengaktifkan kuota ketika dibutuhkan saja. Misalnya, ketika Anda ingin mencari bank soal SD, soal HOTS SD, dan soal latihan SD lainnya, atau pada saat Anda membutuhkan data internet untuk berkomunikasi. Terlebih saat ini sedang terjadi pandemi korona yang mengharuskan siswa belajar di rumah dengan efektif.

Selain itu, Anda juga bisa mengaktifkan peringatan penggunaan internet yang melebihi limit. Cara membatasi pemakaian data pun cukup mudah, yaitu dengan mengklik menu Setting, Data Usage, Cellular Data, Set Cellular Data Limit dan terakhir aktifkan fitur peringatan data seluler.

4. Kompresi Data di Chrome

Sampai saat ini, peramban yang cukup populer yaitu Google Chrome. Pada dasarnya Google chrome memiliki fitur bawaan yang dapat menurunkan kuota internet secara signifikan. Ketika Anda menghidupkan kompresi data di Chrome maka traffic data akan dikirim melalui proxy Google. Dengan begitu kuota internet Anda akan di optimalisasi dan ditekan sebelum dikirim ke gawai.

Mengkompresi data di Chrome membuat sinyal internet semakin kencang dan kuota lebih irit. Cara mengkompresinya yaitu dengan klik setelan pada aplikasi Google Chrome, setelah itu cari penyimpanan data atau data server dan hidupkan.

5. Identifikasi dan batasi aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang menyedot kuota lebih banyak dibandingkan dengan aplikasi lainnya. Sehingga, Anda perlu mengidentifikasi antara aplikasi hemat kuota dan aplikasi boros kuota. Jangan lupa untuk membatasi penggunaan aplikasi yang boros kuota.

Jika perlu, Anda juga bisa meng-uninstall aplikasi boros kuotadan menggantikannya dengan aplikasi yang lebih baik. Sehingga pemakaian kuota internet pun lebih hemat, dan menjaga kantong untuk tidak boros pengeluaran.

Untuk melakukan identifikasi aplikasi yang boros kuota, Anda bisa masuk ke menu Setting > Data Usage setelah itu scroll hingga ke bawah hingga dan lihatlah daftar aplikasi yang sekiranya menyedot kuota cukup banyak.

6. Matikan Fitur Update Otomatis

setiap aplikasi di Smartphone tentu membutuhkan pembaharuan secara berkala untuk meng-update sistem aplikasi tersebut. Namun, masih banyak orang yang sering lupa untuk mengubah pengaturan agar aplikasi tidak update secara otomatis. Karena hal tersebut akan menguras kuota internet cukup banyak.

Semakin banyak aplikasi yang membutuhkan pembaharuan, maka semakin banyak pula kuota internet yang akan terkuras.

Baca Juga :

Ingin Menjadi Agent Properti Yang Kompeten & Bersertifikasi Nasional? >>>KLIK DISINI<<

Oleh karena itu, sebelum belajar lewat internet pastikan Anda tidak menyalakan update otomatis agar kuota tidak terkuras habis. Anda bisa menonaktifkan update otomatis pada HP atau memilih update otomatis menggunakan wifi saja.

Untuk pengguna Android bisa menggunakan cara dengan masuk ke aplikasi Google play store, klik menu setting, auto update apps, Dan terakhir klik auto-update apps over wifi only. Dengan begitu penggunaan kuota internet lebih irit, karena pembaruan aplikasi hanya dilakukan jika menggunakan wifi saja.

7. Perhatikan Penggunaan Browser

Tanpa disadari, penggunaan browser bisa menyebabkan kuota internet cepat habis. Sebaiknya Anda tidak perlu lagi menggunakan browser default yang merupakan aplikasi bawaan dari HP itu sendiri, karena diyakini bisa menyedot kuota secara ekstrem.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengunduh aplikasi seperti browser yang lebih efisien, contohnya Opera mini. Penggunaan aplikasi tersebut terbukti mampu mengkompres situs yang dikunjungi serta menyimpan kuota internet secara primer.

Nah itulah strategi belajar tanpa boros kuotainternetyang perlu Anda ketahui. Meskipun penggunaan internet sangat penting untuk kegiatan belajar mengajar, namun Anda tidak perlu khawatir lagi jika kuota harus tersedot banyak. Maka tidak ada salahnya mengikuti tips menghemat kuota tersebut agar uang bulanan yang dikeluarkan tidak banyak serta tidak mengganggu pelajaran anak di Internet.

Agar kuota irit, anak juga bisa belajar melalui buku, majalah, maupun diajarkan langsung dengan orang tua. Selain itu, orang tua juga harus mengawasi anaknya agar menggunakan internet dengan baik.

Jangan sampai mereka menyalahgunakan internet untuk bermain game, menonton You Tube, menonton film, bermain Facebook, Instagram, Twitter dan aktivitas yang tidak bermanfaat lainnya. Selain boros kuota, aplikasi tersebut juga membuat anak menjadi malas belajar.

No comment for Strategi Belajar Tanpa Boros Kuota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *